I WISH EVERYDAY IS KARTINI'S DAY

Mei 08, 2017

Sebelumnya, saya adalah seorang mahasiswi yang sedang menjalani pendidikan di jurusan Ilmu Komunikasi konsentrasi Public Relations. Saat ini saya sudah semester 4, pada semester ini ada matakuliah spesialisasi humas. Seperti yang telah dipelajari fungsi public relations adalah mengelola komunikasi antara organisasi dengan publiknya, memikirkan, merencanakan, dan mencurahkan daya untuk membangun dan menjaga saling pengertian antara organisasi dan publiknya, sebagai Fasilitator dalam proses pemecahan masalah, Profesi PR untuk membantu pimpinan organisasi baik sebagai penasehat hingga mengambil tindakan eksekusi, dan sebagai Teknisi komunikasi.


Sabtu, 22 April 2017. Pada hari itu adalah hari pertamaku turun langsung untuk melakukan kegiatan sosial. Kegiatan ini kulakukan dengan teman-teman jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Riau bekerja sama dengan tim turun tangan Pekanbaru di Sekolah Dasar Islam 020 Wonorejo, Pekanbaru. Sekolah Dasar Islam 020 Wonorejo adalah sekolah yang dinaungi sebuah yayasan. Dimana muridnya hanya 48 orang dari kelas 1 hingga kelas 6.
     Hari sebelumnya Jumat, 21 April adalah hari kartini. Dimana pada hari itu kita diingatkan bagaimana perjuangan Kartini dan pahlawan perempuan lainnya berjuang demi Indonesia terkhusus untuk perempuan Indonesia. Karna perjuangan itu jugalah perempuan dapat merasakan pendidikan dan dapat bekerja, serta membuat perempuan memiliki persamaan derajat dengan laki-laki tanpa harus menghilangkan kodratnya sebagai calon seorang ibu.
Bentuk apresiasi kami terhadap hari Kartini di Sekolah Dasar Islam 020 Wonorejo adalah dalam bentuk melakukan kegiatan perlombaan. Perlombaan tersebut diadakan pada tanggal 22 April 2017, tepatnya satu hari setelah hari Kartini. Perlombaan itu meliputi lomba cerdas cermat, lomba menulis surat untuk Kartini dan lomba mewarnai dengan tokohnya Kartini. Sangat senang melihat antusias adek-adek tersebut terhadap kegiatan yang telah kami siapkan ini. Saat perlombaan cerdas cermat yang dilaksanakan oleh murid kelas 5 dan 6, mereka sangat menunjukkan jiwa kompetisi, dimana mereka beradu cepat menjawab jawaban yang benar saat diberikan pertanyaan. Walaupun jawaban mereka terkadang salah tetapi keberanian mereka mengangkat tangan itulah yang perlu di hargai. Pada perlombaan menulis surat untuk Kartini yang dilaksanakan oleh murid kelas 3 dan 4, disana mereka berusaha menghadirkan sosok Kartini didalam sebuah tulisan, yang tentunya membuat adek-adek tersebut dapat menuangkan apa yang mereka rasakan melalui tulisan. Dan yang terakhir adalah lomba mewarnai yang dilaksanakan oleh murid 1 dan 2, murid inilah yang terlucu serta polos. Melihat mereka mewarnai itu sangat lucu, pilihan warna yang digunakannya juga berbeda-beda. Disaat orang lain mewarnai kulit dengan warna cream, ada seorang anak mewarnai kulit Kartini dengan warna kuning. Kepolosan mereka sangat tidak bisa dipungkiri. Tetapi jangan salah, rata-rata dari mereka mewarnai dengan kesungguhan hati. Hal itu dilihat dari hasil mewarnai mereka yang rapi dan indah.
Melihat mereka tertawa ada rasa haru penuh harapan didalam hati ini. Bagaimana generasi Indonesia yang masih suci pada masanya akan berjuang demi Bumi yang kita pijak. Terasa akan masa yang telah kami lampaui hingga sampai pada saat ini kami sudah menjadi seorang mahasiswa. Ada rasa berkecamuk dalam diri ini mengharapkan mereka tumbuh menjadi seorang manusia yang baik serta santun memegang teguh norma dan agama yang mereka anut. Sangat banyak harapan dan kebahagiaan melihat jiwa polos mereka. Haru, sangat haru berhadapan langsung dengan semua anak-anak tersebut. Saya berharap setiap hari mereka bisa ceria dan bahagia. Saya harap setiap hari mereka dapat merasakan euforia dari hari Kartini.









Penulis : Aisyah Zuriyen
Gambar dari dokumentasi pribadi

You Might Also Like

0 komentar